Resep Kolak

Kudapan manis berkuah santan ini merupakan kudapan populer di dapur Indonesia. Meski bisa disantap kapan saja, baik dalam keadaan panas atau dingin bersama es batu, kolak umumnya menjadi hidangan wajib di saat bulan Ramadhan, sebagai teman berbuka puasa.

Komposisi kolak terdiri dari rebusan santan, gula (bisa menggunakan gula pasir maupun gula merah), daun bumbu wangi (misal daun pandan atau daun jeruk perut), dan bahan isian sesuai selera. Beberapa bahan isian yang bisa digunakan di antaranya buah-buahan (pisang, nangka, durian), umbi (talas, ubi jalar, singkong), jagung, kolang-kaling, sari kelapa, biji mutiara, ketan urap, serabi, putu mayang, dan sebagainya.

Rahasia membuat kolak yang lezat terdapat pada cara merebus santan dan mutu dari bahan yang digunakan. Selain itu, sebaiknya tidak menyimpan kolak terlalu lama, karena apabila dipanaskan ulang berkali-kali, isi kolak akan berubah warna dan rasanya pun berubah. Bahkan ada beberapa jenis isian kolak yang baru dicampurkan sesaat ketika akan disantap untuk menjaga kesegarannya, seperti serabi.

Berikut ini daftar / katalog resep Kolak yang tersedia di sini. Silahkan klik pada nama resep yang bersangkutan untuk melihat secara detil isi dari resep tersebut, termasuk bahan-bahan dan cara pembuatannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Powered by WordPress