Resep Masakan India

masakan indiaMasakan India memiliki cita rasa eksotis dan mempunyai aroma khas yang dapat membangkitkan selera makan. Sebagian rempah dan bumbu, yang digunakan sangat dominan di setiap masakan India, memang sudah tak asing lagi bagi kita. Sebut saja kayu manis, jahe, bawang putih, cabai, kunyit, adas, merica, ketumbar, dan jintan. Banyak dari rempah tersebut umumnya dipakai untuk membuat masakan lebih beraroma, misalnya kayu manis dan kapulaga. Sedangkan bumbu lain yang dapat memberikan cita rasa khas hidangan India adalah penggunaan ghee atau minyak samin yang beraroma tajam. Juga saffron yang merupakan pewarna alami yang banyak digunakan untuk aneka masakan. Sedangkan yogurt banyak dipakai untuk memberi rasa asam dan gurih serta dapat membantu melembutkan pedasnya bumbu pada masakan. Untuk bumbu-bumbu lain yang susah ditemukan di Indonesia dapat diganti dengan yang bersifat serupa. Misalnya saja cumin hitam bisa diganti dengan jintan putih dan saffron dengan kunyit.

Untuk memberi kesan mewah dan cantik pada masakan, Anda dapat menaburkan daun perak di atasnya sebagai hiasan. Daun perak ini terbuat dari bubuk perak yang kemudian ditekan menjadi lembar tipis. Tidak mempunyai rasa, tidak berbau dan tidak berbahaya. Biasa digunakan pada hidangan pesta di Indonesia. Anda dapat membelinya di toko-toko yang menjual bahan makanan India.

Piranti makan khas India biasanya didominasi bahan logam berwarna perak atau keemasan. Meski tidak menggunakan piranti makan tersebut, Anda bisa menghadirkan suasana India ke meja makan atau ruangan pesta Anda dengan menggunakan aksesori khas India yang sederhana, seperti taplak meja, pernak-pernik penghias meja dan ruangan, dan sebagainya.

Berikut ini daftar / katalog resep Masakan India yang tersedia di sini. Silahkan klik pada nama resep yang bersangkutan untuk melihat secara detil isi dari resep tersebut, termasuk bahan-bahan dan cara pembuatannya.

 
 
 
 
 
Powered by WordPress