Resep Masakan Korea

masakan korea

Masakan Korea adalah masakan tradisional yang dibuat berdasarkan teknik dan cara memasak orang Korea. Masakan Korea terdiri dari berbagai jenis mulai dari jenis masakan rumahan, masakan pedagang kaki lima, masakan restoran, hingga masakan istana / surasang. Berbagai daerah di negara Korea juga memiliki masakannya sendiri-sendiri, sehingga dalam perkembangannya perpaduan antara cita rasa lezat trandisional dan uniknya kombinasi Korea modern, menyatu di nikmatnya sebuah hidangan eksotik.

Bahan dasar masakan Korea biasanya terdiri dari beras, mie, tahu / tofu, sayur, dan daging. Lauk-pauk dalam bahasa tradisional Korea disebut banchan, biasanya dimakan bersama nasi putih dan sup kaldu daging sapi atau ayam. Bahan pelengkap hidangan utama Korea adalah kimchi, yaitu semacam acar dari sayuran sawi putih, lobak, kobis, atau mentimun. Sedangkan bumbu-bumbu yang biasanya menjadi ciri khas masakan Korea antara lain minyak wijen, biji wijen sangrai, kecap manis, kecap ikan, bawang putih, jahe, gochujang (pasta / saus cabai), doenjang (cabai bubuk), merica halus, dan garam. Lebih jelasnya dapat dibaca di halaman Bahan dan Bumbu Masakan Korea.

Masakan Korea dibuat berdasarkan musim yang sedang berlangsung. Jadi ada jenis masakan musim dingin dan musim panas. Selama musim dingin biasanya masakan tradisional yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan di dalam guci besar dari tanah liat, lalu ditanam sebagian di bawah tanah untuk menjaga suhu dan rasanya. Sedangkan selama musim panas, masakan yang disajikan biasanya seputar daging dan sup yang banyak memberikan energi untuk menggantikan kalori yang terbakar, seperti Bulgogi dan Gochujang Chigae.

Berikut ini daftar / katalog resep Masakan Korea yang tersedia di sini. Silahkan klik pada nama resep yang bersangkutan untuk melihat secara detil isi dari resep tersebut, termasuk bahan-bahan dan cara pembuatannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Powered by WordPress