Resep Umbi

Jika dulu umbi-umbian hanya dikonsumsi sebagai kudapan (digoreng atau direbus) atau sebagai hidangan pelengkap, kini umbi juga sudah banyak diolah sebagai hidangan utama. Olahan-olahan modern dari umbi kini banyak ditemui dalam bentuk cake, puding, bahkan jus.

Beberapa jenis umbi yang umum digunakan di antaranya:

Talas (Mbote)

Di beberapa daerah, kadangkala talas juga disebut dengan mbote. Kulit luar umbi mbote berambut dan umbinya beruas-ruas. Mbote banyak dijual di pasar tradisional dan biasanya dikonsumsi dengan cara dikukus. Untuk meningkatkan nilai jualnya, kini talas banyak diolah menjadi keripik dengan berbagai macam rasa.

Singkong

Singkong juga dikenal dengan sebutan ketela pohon atau ubi kayu yang merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya dikenal sebagai sayuran. Daging umbinya berwarna putih kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan disimpan walaupun di dalam lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Talas Bogor

Talas Bogor merupakan tanaman dari suku talas-talasan atau Araceae. Talas merupakan tumbuhan penghasil umbi yang populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Daun talas berbentuk perisau yang besar. Umbi talas dapat diolah dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng setelah dipotong-potong kecil. Daun talas dapat juga dimakan serta dipakai sebagai pembungkus makanan, seperti pada makanan buntil.

Ubi Madu

Ubi madu lebih dikenal dengan sebutan ubi Cilembu. Hal ini dikarenakan ubi yang ditam di tanah Cilembu (Sumedang) ini rasanya manis seperti madu setelah dioven. Warna daging ubi ini cukup menarik, dimana kulit dan daging ubi berwarna krem kemerahan di waktu mentah dan berwarna kuning bila dimasak serta bentuknya panjang berurat.

Ubi Ungu

Ubi ungu mempunyai warna ungu tidak hanya pada kulitnya tetapi juga pada bagian dalamnya. Pigmen warna ungu pada ubi ini ternyata bermanfaat sebagai antioksidan. Selain merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi, ubi yang rasanya manis ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan riboflavin. Ubi ungu juga mengandung mineral yang terdiri dari zat besi dan kalsium. Tak hanya itu saja, warna ungu dalam ubi jalar ini dapat ddiolah sebagai pewarna alami untuk makanan sehingga menjadikan makanan bebas dari zat-zat kimia.

Berikut ini daftar / katalog resep Umbi yang tersedia di sini. Silahkan klik pada nama resep yang bersangkutan untuk melihat secara detil isi dari resep tersebut, termasuk bahan-bahan dan cara pembuatannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Powered by WordPress